alamat redaksi

Alamat Redaksi : Yayasan Buddhayana Vidyalaya Jl. Sultan Haji No.80, Sepang Jaya Kec. Kedaton Bandar Lampung

Edisi Buletin

Sabtu, 26 Februari 2011

Didukung facebooker raih nobel perdamaian


Thich nhat hanh

Kalau beberapa waktu lalu di indonesia ada grup sejuta facebooker dukung bibit samadchandra hamzah, kini ada juga yang mendukung thich nhat hanh untuk memperoleh nobel perdamaian tahun 2010. Nama grupnya ‘Candidate for Nobel Peace Price 2010: Thich Nhat Hanh’. Grup tersebut digagas tanggal 11 desember 2009 lalu oleh hue chuyen seth kerntcil dan oleh chirster F.Lund.
Thich Nhat Hanh yang kelahiran Vietnam dikenal luas sebagai master Zen, penyair, guru meditasi, dan aktivis hak asasi manusia dan perdamaian dunia. Saat ini beliau memimpin perdamaian dunia. Saat ini beliau memimpin sebuah pusat retret meditasi Plum Village di Perancis. Tahun 1967, Dr.Martin Luther King, Jr Sendiri ketika itu langsung mengirim surat resmi kepada panitia Nobel tanggal 25 januari 1967. “sebagai peraih Nobel perdamaian tahun 1964, saya sekarang dengan senang hati mengajukan nama Thich Nhat hanh untuk penghargaan serupa untuk tahun 1967,”Luther King memulai suratnya, “saya rasa tidak ada orang lain yang lebih pantas menerima Nobel perdamaian selain bhiksu dari vietnam ini.”
 
Luther King kemudian bercerita bagaimana Thich Nhat Hanh berjaung dengan cara damai dan welas asih melawan tindak kekerasan yang merajalela di negaranya. Beliau sendiri akhirnya harus mengungsi dari vietnam untuk keliling dunia mewatakan pesan damai melalui ceramah, retret, menulis, membuat syari dan lain-lain. Sayangnya, tahun itu pengadugerahan Nobel perdamaian ditiadakan. “idenya tentang perdamaian, jika diterapkan, akan membangu sebuah monument untuk ekuminisme, untuk persaudaraan dunia, untuk kemanusiaan,”tambah Luther King. Dan ide Luther King ini kini dihiupkan kembali melalui facebook. Join dan iktu dukung yuk (sutar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar