alamat redaksi

Alamat Redaksi : Yayasan Buddhayana Vidyalaya Jl. Sultan Haji No.80, Sepang Jaya Kec. Kedaton Bandar Lampung

Edisi Buletin

Sabtu, 26 Februari 2011

RICHARD GERE DUKUNG ZONA VEGETARIAN BODHGAYA


Awal tahun 2010, aktor vetran Richard Gere memberikan dukungan terhadap upaya menjadi Bodhgaya, tempat peetapa Gotama menjadi Buddha, menjadi Zona Vegetarian. Proyek ini digagas oleh sebuah kelompok bernama Tibetans for a Vegetarian Society. Pendirinya, Tenzin kunga Luding percaya jika rencana tersebut berhasil akan membawa pesan damai dan welas asih yang sangat kuat terhadap makhluk hidup, yang terpancar dari pusat dunia Buddhis. Di abad 21, tekad untuk tidak makan daging merupakan upaya yang sangat mendukung kampanye menyelamatkan bumi.

Orang mungkin akan menganggap vegetarianisasi Bodhgaya yang didukung oleh Richard Gere ini Cuma lip sevice buat mengatasi keseluruhan penderitaan hewan di india. Soalnya disaat komitmen Buddhis untuk sedikit atau nggak makan daging sama sekali ini akan berhadapan dengan fakta bahwa tingkat konsumsi manusia akan daging diseluruh dunia sangat tinggi.
Gere sendiri bukan seorang vegan tulen. Ia hanya pantang makan daging merah, ia msih makan daging putih. Tapi setidaknya dukungan pesohor seperti dirinya bisa membuat kalangan Buddhis lain akan ikut mendukung kampanye ini. Sebuah langkah besar harus dimulai dari langkah kecil. Dan vegetarianisasi bodhgaya ini termasuk langka kecil, tapi bisa memberikan pengaruh besar mengingat Bodhgaya adalah tempat bersejarah bagi umat Buddha. (Sutar/Buddhistdoor.com)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar