alamat redaksi

Alamat Redaksi : Yayasan Buddhayana Vidyalaya Jl. Sultan Haji No.80, Sepang Jaya Kec. Kedaton Bandar Lampung

Edisi Buletin

Sabtu, 26 Februari 2011

PISAU BERMATA DUA


Oleh: Phara Chaluai Sujivo Mahathera
  
Sepanjang kehidupan manusia, seseorang yang mempunyai kekuatan, kekuasaan, uang dan kedudukan, bagaikan menggenggam sebuah pisau tajam bermata dua. Hal ini menunjukkan bahwa kemuliaan dapat mendukung seorang untuk memupuk paramita dan meningkatkan kualitas batinnya, tapi disisi lain kemuliaan membuat seseorang terpuruk di lembah penderitaan. Jadi bagaimanakah cara yang tepat dalam menggunakan pisau tersebut?

Seseorang yang mampu mempergunakan pisau itu dengan baik dan benar, maka pisau itu dapat memberikan manfaat bagi dirinya dan orang lain. Baik pada konteks ini adalah tahu bagaimana cara menggunakan pisau tersebut dan mengerti apa saja manfaat yang akan ia dapatkan setelah menggunakan pisau tersebut. Sedangkan benar yang dimaksudkan adalah menggunakan pisau tersebut untuk tujuan yang positif.

 Tetapi bila seseorang menggunakan ketajaman pisau tersebut untuk hal-hal yang buruk atau jahat seperti halnya mengarahkan pisau itu ke dirinya sendiri, tentu saja pisau itu akan membunuh dirinya. Pada akhirnya kemuliaan yang ia peroleh dengan susah payah tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menunjang kehidupannya saat ini maupun yang akan datang. Padahal kesempatan yang sungguh baik sangat sulit di dapatkan oleh seorang.

Untuk mendapatkan kemuliaan itu sendiri, kita harus banyak-banyak memupuk perbuatan baik. Alangkah baiknya bila kita memanfaatkan kemuliaan itu untuk meraih kebahagian yang tertinggi yaitu Nibbana.
Jika seseorang menggunakan kemuliaan itu untuk tujuan yang buruk, kemuliaan itu tidak dapat kita pertahankan, bahkan kamma buruk pun akan berbuah.

Pisau bermata dua ini mempunyai dua sisi yang berlawanan dan sama tajamnya, hal ini melambangkan dua sisi kehidupan yang berbeda dan dapat di raih tetapi harus dipilih antara yang menguntungkan dan merugikan. Manakah yang Anda pilih untuk kebahagiaan hidup anda sendiri.....?
*****

“Ada yang lebih baik daripada kekuasaan mutlak atas Bumi, daripada pergi ke Surga atau daripada memerintah seluruh dunia, yakni hasil kemuliaan dari seorang Suci yang telah memenangkan arus (Sotapatti-Phala)”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar